Pilih Mediafire atau 4shared ?

Postingan ini berawal dari kekecewaan saya terhadap layanan dari Mediafire. Perlu diketahui, awalnya saya menggunakan Mediafire untuk menyimpan file-file saya. Alasan saat itu cukup sederhana, Mediafire tidak membutuhkan waktu tunggu untuk mendownload. abndingkan dengan 4shared yang harus menunggu selama 20detik.

Akhirnya lebih dari satu tahun ngeblog saya memanfaatkan Mediafire untuk menyimpan file-file untuk di share di blog ini. Namun beberapa hari yang lalu ada seorang visitor yang menghubungi saya via facebook untuk mengupload ulang File Regitry karena file di Mediafire sudah error. Saya pun mengecek dan ada tulisan yang intinya bahwa file berpassword [saya mengupload file RAR dengan protect password] diberi batasan waktu tertentu [limit] dan jika ingin menggunakannya lagi maka saya harus upgrade akun yang artinya saya harus membayar. Yang benar saja. Saya pun membandingkan denagn 4shared. Saya pernah mendownload file pada tahun 2012 dan file tersebut diupload pada tahun 2010. Lumayan lama kan ? dan file tersebut berpassword. Saya pun segera beralih hostingan ke 4shared.
Sebenarnya bukan masalah pelit atau apalah jika kita memberi protect password di file kita. Kita hanya melindunginya dari copasser yang copas brutal tanpa memberi sumber. Kita biasanya memberi password dengan identitas blog kita. Misalnya file di blog ini selalu diberi password dengan kata maduracyber. Sehingga jika ada blog lai yang copas total, maka pengunjung akan tahu itu artikel murni atau copas.
Dan seperti yang kita tahu, file musik ataupun video bisa kita ambil source codenya untuk dipasang di blog. Menurut saya, apalah artinya menunggu 20detik dibanding dengan kelebihan-kelebihan tersebut ?
Jadi, kalian pilih mana ?
Shares

26 Comments

Leave a Reply