Waspadai Modus Penipuan Lewat Facebook

Teman teman pasti nggak asing lagi dengan kasus penipuan ”mama minta pulsa” yang sering terjadi via SMS. Tapi ternyata hal itu sekarang tidak cuma via SMS lho. Belum lama ini kasus serupa terjadi lewat perantara sosial media sosial Facebook. Motifnya, facebook korban deretas oleh si hacker penipu. Lalu dengan akun tersebut mereka meminta uang dari teman-teman Facebook korban, entah dalam bentuk pulsa atau uang yang harus dikirimkan ke rekening bank tertentu.

Kasus semacam itu bisa menimpa siapa pun. Karena itu, kesadaran dan kewaspadaanmu dalam memanfaatkan sosial media amatlah penting. Nah, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengantisipasi tangan liar para peretas dalam membobol akunmu. Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah memakai password yang kuat untuk facebook-mu. Gunakan kombinasi huruf besar, angka dan tanda baca agar sang peretas kesulitan membobolnya.

Kedua, gunakan ponselmu sebagai pengaman tambahan untuk mencegah orang lain masuk ke akun kamu. Dengan fitur itu, jika ada orang lain yang ingin masuk ke akunmu dengan browser asing, maka mereka harus memasukkan nomor kode yang langsung dikirimkan melalui SMS ke ponselmu.

Nah, pengaman tambahan itu bisa diproses dengan cara masuk ke halaman ”pengaturan akun” di Facebook yang bisa dipilih di menu paling kanan atas. Setelah itu, kamu masuk ke halaman ”keamanan” dan sunting bagian ”persetujuan masuk ke Facebook”. Dari situ kamu dapat mengatur fitur keamanan ganda dengan ponsel.

Nggak cuman pada Facebook, sebaiknya kamu melakukan hal serupa untuk akun email-email lain yang kamu miliki. Hal itu untuk menjaga agar pelaku tidak dapat meretas akun Facebook melalui alamat email yang terhubung seperti dengan menggunakan fitur ”lupa kata sandi Anda”. Jika akun Facebook diretas, ada kemungkinan sang pelaku juga akan menonaktifkan akun facebook-mu agar keberadaannya sulit dilacak. Tapi nggak perlu khawatir, kamu bisa memberi laporan ke Facebook melalui halaman ”bantuan” di bagian bawah halaman awal. Setelah itu masuk ke halaman ”keamanan” dan klik ”akun yang diretas”. Dari situ kamu bisa mengisi keterangan yang dibutuhkan agar Facebook bisa memulihkan dan memberikan kontrol pada pemilik akun asli.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat ya 🙂

Shares

7 Comments

Leave a Reply