Tumblr Custom Domain or Subdomain Takeover

Tumblr Domain or Subdomain Takeover –  Oke selanjutnya kita bahas mengenai takeover custom domain untuk blog Tumblr. Untuk menggunakan custom domain di Tumblr kita diharuskan untuk menambahkan A record yang mengarah ke 66.6.44.4 jika yang digunakan adalah domain utama. Contohnya situsku.com. Atau menambahkan CNAME jika custom domain Tumblr berada di subdomain misalnya blog.situsku.com maka CNAME nya adalah subdomain tumblr yang kalian punya contohnya situsku.tumblr.com

Nah ada kalanya seseorang yang sebelumnya menghosting blognya di Tumblr menghapus akun atau blog Tumblr nya namun tidak menghapus A record atau CNAME di domain manager. Alhasil, domain atau subdomain kustom tersebut bisa kita takeover. DI contoh ini saya ambil adalah situs www.leifroswold.com. Saat diakses menampilkan halaman error yang menandakan blog tidak ditemukan.

[email protected]:~$ curl -I www.leifroswold.com
HTTP/1.1 404 Not Found
Server: openresty
Date: Mon, 24 Sep 2018 15:14:30 GMT
Content-Type: text/html; charset=UTF-8
Connection: keep-alive
Vary: Accept-Encoding
Vary: Accept-Encoding
X-Rid: 57de79ef9b33ae549a1795eecfd68570
P3p: CP="Tumblr's privacy policy is available here: https://www.tumblr.com/policy/en/privacy"
...

Oke kita cek dengan dig untuk melihat username tumblr yang sebelumnya dia pakai.

[email protected]:~$ dig www.leifroswold.com
.....
;; ANSWER SECTION:
www.leifroswold.com.    942     IN      A       66.6.44.4

Hmm, nampaknya memang ada kesalahan konfigurasi dimana seharusnya ia memasukkan CNAME tapi malah menambahkan A record. Ok, lucky. Sekarang masuk ke pengaturan blog Tumblr milik kalian. Lalu ubah domainnya.

Karena memang ada kesalahan dimana tidak ada CNAME record yang dibuat, maka kita bebas menggunakan subdomain tumblr dengan username apa saja. Tinggal tambahkan domain yang ingin ditakeover. Lalu save.

Lalu cek www.leifroswold.com sekarang.

Done.

Shares

Leave a Reply