Teknologi Canggih Smartphone di Tahun 2013

Di tahun 2012 ini saja, para produsen smartphone sudah berlomba-lomba untuk menyediakan fitur canggih di ponsel pintar mereka. Dan mungkin di tahun 2013 persaingan masih berlanjut dan menawarkan fitur-fitur yang lebih gila. Berikut beberapa teknologi canggih yang mungkin akan ada di 2013 :
1. Layar yang Fleksibel

Samsung diketahui sedang mengembangkan layar Amoled fleksibel. Layar ini menungkinkan untuk ditekuk tanpa mengalami kerusakan.
Menurut info yang saya dapat, layar fleksibel tersebut sudah mempunyai nama, yaitu Youm.
Berukuran 4,5 inch dan ketebalan 0,3 milimeter, Youm mengusung resolusi WVGA 800 x 480 Youm diharapkan akan melahirkan generasi baru desain gadget karena kelenturan dan ukurannya yang lebih tipis dan ringan dari layar konvensional.
Ternyata bukan hanya Samsung yang sedang mengembangkan layar fleksibel seperti ini. Nokia pun sudah pernah memamerkan layar fleksibel di ajang Nokia World tahun lalu. LG malah dikabarkan sudah memulai untuk memproduksi secara massal.

2. Prosesor semakin gahar

Tahun 2012 ini, sudah lumayan banyak ponsel pintar mengusung prosesor quad core. Tahun mendatang, diperkirakan bukan hanya prosesor quad core saja yang diandalkan.
Samsung misalnya, disebut-sebut akan menyematkan prosesor 4+4 di Galaxy S IV. Galaxy S IV konon akan ditenagai oleh sepasang prosesor Cortex-A15 dan Cortex-A7 yang masing-masing prosesornya telah mengusung 4 core di dalamnya.
Samsung bukannya menggunakan dua buah CPU, melainkan menggabungkan kedua prosesor tersebut dalam satu chip atau SoC. Meski digabung dalam satu chip, kedua prosesor yang disematkan sebenarnya bekerja sendiri-sendiri sehingga belum dapat disebut sebagai prosesor 8 core.
Vendor lain pun diprediksi akan memperkuat prosesor di handsetnya untuk menarik minat konsumen.

3. Layar Definisi Tinggi

Belum lama ini, HTC bikin gebrakan dengan merilis Droid DNA. Ponsel Android ini adalah yang pertama hadir dengan layar nan cemerlang beresolusi definisi tinggi, 1920 x 1080 pixel.
Tahun 2013, diperkirakan layar definisi tinggi ini akan menjadi hal yang umum. Samsung misalnya dirumorkan memakai layar definisi tinggi ini di Galaxy S IV.
Kemudian, vendor asal China Lenovo juga dikabarkan mengembangkan perangkat ponsel dengan resolusi yang sama.
Sektor layar memang layak menjadi perhatian utama para vendor. Sebab semakin jernih layarnya, semakin bagus pula peluangnya menjadi yang terdepan.

4. Layar jumbo

Semakin lama, layar ponsel menunjukkan tren semakin besar. Diawali oleh Dell Streak dan dipopulerkan oleh Samsung Galaxy Note, perangkat yang disebut phablet ini diproyeksi makin populer di tahun mendatang.
Ya, kesuksesan Samsung dengan Galaxy Note tampaknya membuat vendor yang lain terpikat terhadap pasar ponsel jumbo. Galaxy Note II saja telah terjual 5 juta unit hanya dalam dua bulan pertama pemasarannya.
HTC Droid DNA misalnya,ukuran layarnya sudah mencapai 5 inchi. Sony diproyeksi bakal merilis ponsel dengan layar jumbo tahun depan.
Beberapa sumber menyatakan, handset dimaksud adalah Sony Xperia C650X Odin.Dugaan desain dan spesifikasi Xperia Odin telah muncul di internet. Layarnya sekitar 5 inch dengan reolusi 1080px.

5. Wireless Charging

Nokia Lumia 920 merupakan  satu smartphone mainstream pertama yang memiliki teknologi wireless charging. Dengan fitur tersebut Nokia Lumia 920 bisa di charging secara nirkabel.
Dengan fitur wireless charging ini, memungkinkan Anda mengisi baterai hanya dengan menempelkan ponsel ke aksesoris yang dijual terpisah. Sehingga tidak perlu mencolokkan handset untuk mengisi baterai.
Di tahun 2013, diperkirakan bukan hanya ponsel, namun laptop juga akan menggunakan teknologi wireless charging ini.

Itulah beberapa teknologi canggih pada Smartphone yang akan dikeluarkan di tahun 2013 nanti. Anda sudah siap untuk membelinya ?

Shares

22 Comments

Leave a Reply