Kalah Dari Apple, Saham Samsung Menurun

Paska pengadilan AS memenangkan gugatan Apple atas Samsung, saham Samsung Electronic langsung turun 7.5 persen di perdagangan hari Senin (27/08) di bursa Seoul atau menghanyutkan sekitar $12 milyar, bukan nilai yang sedikit tentunya.

Samsung, sendiri masih harus membayar kekalahan ini dengan denda $1.05
milyar yang diputuskan setelah para Juri di California menemukan mereka meniru beberapa fitur penting dari produk Apple yang populer seperti iPhone dan iPad serta ancama akan larangan penjualan atas beberapa produk kuncinya. Diyakini masih banyak pernik-pernik lain yang akan mengikuti hasil keputusan pengadilan ini, dimana bisa menyeret ke pelarangan penjualan Samsung Galaxy S3.

Merespon hasil sidang ini, saham Samsung – dari sebuah perusahaan teknologi kelas dunia yang paling besar penghasilannya – melorot 8 persen, ini merupakan prosentase penurunan saham paling besar dalam sehari yang menimpa saham ini dalam empat tahun ini. Ditaksir penurunan ini senilai 1.173 juta won ($1,000), sebelum penutupan bahkan merugi hingga 1.180 juta won. Indek saham Seoul sendiri turun 0.1 persen.

Volume perdagangan juga besar, mencapi 1.27 juta lembar saham Samsung yang berpindah tangan, dari empat rata-rata harian yang besar, Volume kali ini merupakan yang paling besar sejak Oktober October 2008.

Dalam keputusan pengadilan di San Jose, California yang hanya beberapa mil saja dari markas Apple, pengadilan menemukan bahwa Samsung meniru setidaknya enam dari tujuh fitur paten dari Apple. Hasil pengadilan ini memang mengejutkan, seakan menjadi penanda akan munculnya ledakan dominasi produk AS di pasar kompter bergerak.

Keputusan pengadilan ini juga membuat potensi keuntungan dari Samsung menurun sebesar 4 persen di tahun ini. Meski bagi Samsung penurunan sebesar ini masih OK, namun dalam jangka panjang tetap menimbulkan rasa was-was pula. Setidaknya, produk yang selanjutnya akan diobok-obok bisa jadi Samsung Galaxy S3 yang dalam pengadilan ini masih belum terjamah. Fitur-fitur dalam produk Samsung Galaxy S3 berpotensi digugat juga dan akan membawa kepada kemungkinan produk tersebut dilarang beredar. Source

Shares
Tags:

49 Comments

Leave a Reply