Mengenal Koreografi Supporter : Mexican Wave

Mengenal Gerakan Koreografi Supporter : Mexican Wave.
Bagi sobat yang suka banget lihat sepak bola, pasti tidak asing lagi dengan apa yang disebut dengan Mexican Wave. Ya, Mexican Wave atau gelombang Meksiko adalah
salah satu gerakan koreografi Supporter yang berupa gerakan berdiri dan duduk yang dilakukan secara berirama sehingga terlihat seperti gelombang (wave). Gerakan Mexican Wave merupakan gerakan koreografi terpopuler dan dilakukan hampir di semua negara, termasuk Indonesia. Ya, supporter Indonesia pernah melakukannya saat mendukung Timnas melawan Thailand di AFF Suzuki Cup 2010 lalu.
Menurut sumber yang saya dapat, gelombang ini pertama kali dilakukan saat FIFA World Cup 1986 di Meksiko. Itulah kenapa gelombang ini disebut gelombang Meksiko.
Gerakan ini sering dihasilkan oleh supporter yang menyaksikan pertandingan olahraga, terutama sepak bola. Gerakannya cukup sederhana, yaitu berdiri dan mengangkat tangan setinggi-tingginya kemudian duduk, lalu dilanjutkan oleh supporter di seebelahnya, sehingga menghasilkan gerakan gelombang yang lebar dan berkecepatan tetap.
Umumnya gerakan ini searah jarum jam yaitu dari kanan ke kiri. Namun ada juga sebagian yang melakukannya dari kiri ke kanan. Gerakan ini umumnya berkecepatan 12 meter per detik. Wow, cepet banget !!
Menurut penilitian yang dilakukan Farkas dan Viscek pada 2006, gelombang ini umumnya memang berputar searah jarum jam. Dari penilitian tersebt juga dsiimpulkan bahwa cukup 25 orang yang bertindak sebagai pelaku pertama dan akan diikui oleh kelompok supporter di sebelah mereka.

Sekian artikel kali ini, SALAM OLAHRAGA !!!

Shares
Tags:,

36 Comments

Leave a Reply