EURO 2012 : Peluang Belanda Lolos ke Perempat Final


Sebelum EURO 2012 berlangsung, Tim Belanda merupakan salah satu kandidat juara di EURO 2012. Prediksi ini bukan dibuat secara asal-asalan. Belanda memang tampil cukup gemilang di babak kualifikasi Piala Eropa tahun ini. Bahkan, Tim Belanda menjadi Tim yang mencetak gol terbanyak selama kualifikasi dan ujicoba. Diyakini banyak orang bahwa tren positif ini bakal berlanjut di Polandia-Ukraina.
Namun siapa yang menyangka, Belanda menelan dua kekalahan beruntun di dua laga awal EURO 2012. Melawan Denmark mereka kalah 1-0, dan melawan Jerman mereka kalah 2-1.
Setelah pertandingan Belanda melawan Jerman kemarin, saya sempat membuka Facebook dan banyak status yang bunyinya kira-kira “ Belanda sudah habis” , “belanda pulang lebih awal” , dan masih banyak lagi yang intinya pernyataan bahwa Belanda benar-benar habis di Polandia-Ukraina. Begitu juga di Twitter. Timeline saya dipenuhi tweet yang menyatakan habisnya peluang Belanda pada EURO tahun ini. Namun benarkah peluang Belanda benar-benar sudah habis ?
Mari kita bahas di sini !

Tanpa pikir panjang mungkin kita akan berkata bahwa dua kekalahan beruntun merupakan alamat bahwa Belanda sudah gagal melaju ke perempat final. Namun, ternyata peluang itu masih ada. Meskipun kecil sekali.
Seperti yang kita ketahui, Belanda kalah 1-0 di laga perdana melawan Denmark. Di saat yang sama, Jerman menang 1-0 atas Portugal.
Di pertandingan ke dua, Belanda kalah 1-2 atas Jerman sementara Portugal hanya menang tipis 3-2 lawan Denmark.

Dari data tersebut, dapat diketahui bahwa Jerman memastikan diri lolos ke perempat final dengan nilai 6 dari 2 pertandingan.

Denmark memperoleh 3 poin dari 1 menang dan 1 kalah. Memasukkan 3 gol dan kemasukan 3 gol dari 2 pertandingan. Berarti jumlah agregat gol mereka adalah 0.

Portugal memperoleh 3 poin setelah menang 3-2 dari Denmark. Di pertandingan sebelumnya mereka kalah tipis 1-0 dari Jerman. Portugal mencetak 3 gol dan kemasukan 3 gol dari 2 pertandingan. Berarti agregat gol mereka sama dengan Denmark, 0.

Nah, Belanda belum mendapat poin dari 2 pertandingan setelah 2 kali kalah. Mencetak 1 gol dan kemasukan 3 gol. Berarti jumlah agregat gol mereka adalah -2.

Di pertandingan terakhir nanti Jerman akan menghadapi Denmark dan Belanda akan menghadapi Portugal. Pendukung Belanda pasti sangat berharap Jerman akan mengalahkan Denmark di pertandingan tersebut. Yang penting agregat gol Denmark menjadi – (min).
Sementara Belanda akan mati-matian mengalahkan Portugal di laga terakhir. Minimal menang 2-0 agar agregat gol Belanda tidak min lagi.
Jika Belanda menang dan Denmark kalah, maka jumlah poin Denmark, Portugal , dan Belanda akan sama. Yakni 3 poin. Namun, Belanda menang agregat gol jika mereka menang 2-0 dari Portugal. Agregat gol mereka menjadi 0 dan Denmark & Portugal min (-). Itu berarti Belanda akan menempati runner up grup B dan menemani Jerman ke 8 besar. Namun meski Belanda menang 100-0 lawan Portugal, jika Jerman vs Denmark berakhir imbang maka kemenangan Belanda tidak ada gunanya.

Kira kira seperti itulah peluang lolosnya Belanda ke perempat final. Memang sangat kecil karena di pertandingan Jerman lawan Denmark nanti bisa dipastikan Jerman akan menyimpan sejumlah pemain intinya untuk persiapan di perempat final. Mungkin Jerman tidak akan mengejar kemenagan karena hasil imbang saja sudah memastikan mereka menjadi juara grup. Sementara Denmark juga akan tamil ngotot mengingat mereka juga masih punya peluang lolos ke babak knock-out. Kita berdo’a saja semoga Jerman bermain sungguh-sungguh dan meraih poin sempurna.

Sementara di pertandingan Belanda melawan Portugal sendiri pasti berjalan sangat sulit karena Portugal juga berpeluang lolos ke 8 besar. Dan juga CR7 pasti akan berusaha tampil maksimal setelah di 2 pertandingan sebelumnya menuai kritik habis habisan karena belum mampu menunjukkan penampilan sebagai seorang pemain terbaik dunia.

Mampukah Belanda memanfaatkan peluang yang ada untuk bisa lolos ke 8 besar ? atau akankah Tim Favorit Juara harus angkat koper lebih dulu ?
Kita lihat tanggal 18 Juni nanti !

Peluang itu tetap ada, meskipun sangat kecil.

Shares

46 Comments

Leave a Reply