Apa itu Steganografi ?

Kemaren anak anak lagi rame di grup buat tantangan mecahin pesan rahasia yang tersimpan dalam gambar. Nah, permainan tersebut bisa disebut steganografi. Apa itu steganografi ?
Menurut Wikipedia, Steganografi adalah :
Seni dan ilmu menulis pesan tersembunyi atau menyembunyikan pesan dengan suatu cara sehingga selain si pengirim dan si penerima, tidak ada seorangpun yang mengetahui atau menyadari bahwa ada suatu pesan rahasia.

Kata steganografi berasal dari bahasa Yunani, yaitu dari kata Stegos (tersembunyi) dan Graptos (tulisan). Steganografi di dunia modern biasanya mengacu pada informasi atau suatu arsip yang telah disembunyikan ke dalam suatu arsip citra digital, audio, atau video. Teknik Steganografi ini telah banyak digunakan dalam strategi peperangan dan pengiriman sandi rahasia sejak jaman dahulu kala. Dalam perang Dunia II, teknik steganografi umum digunakan oleh tentara Jerman dalam mengirimkan pesan rahasia dari atau menuju Jerman, (Morkel, dkk, 2005).
Banyak orang menganggap steganografi sama dengan kriptografi. Padahal ada perbedaan mendasar diantara keduanya. Kriptografi tidak menyembunyikan ada nya pesan , tapi pesan tersebut disamarkan . Sementara dalam steganografi, pesan benar benar disembunyikan , jadi orang yang tidak sadar akan mengira bahwa objek yang dilihatnya menyimpan pesan rahasia.
Pada metode steganografi cara ini sangat berguna jika digunakan pada cara steganografi komputer karena banyak format berkas digital yang dapat dijadikan media untuk menyembunyikan pesan. Format yang biasa digunakan di antaranya:
Format image : bitmap (bmp), gif, pcx, jpeg, dll.
Format audio : wav, voc, mp3, dll.
Format lain : teks file, html, pdf, dll.
Bagaimana ? menarik bukan ?
Di artikel selanjutnya kita akan belajar membuat steganografi. See you next time.
Shares

One Response

Leave a Reply