Melukis di Atas Air, Mungkinkah ?

Pernah dengar pepatah yang mengatakan Melukis di waktu tua bagai melukis di atas air ? Jika dilihat dari kata tersebut, kitaa pasti membayangkan alangkah sulitnya melukis di atas air. Lukisan abstrak sekalipun. Tapi itu hanya berlaku untuk pepatah tersebut. Melukis di atas air menurut saya lebih mudah daripada membalik telapak tangan ! (karena memang tidak perlu membalik telapak tangan). Oke, jadi intinya adalah melukis di atas air itu sangat mudah dilakukan.

Beberapa waktu lalu pembina sanggar seni rupa di sekolah saya (Gue anak seni rupa lho ..), memberi pelajaran bagaimana cara melukis di atas air. Okelah, simak langkah-langkahnya :

Pertama, siapkan ember berisi air bersih (jangan air kobokan) dan juga cat (kalo ada cat minyak ya). Catnya jangan cuma satu warna, ya paling enggak tiga warna. Dan jangan lupa kertas

Kedua, campurkan cat ke dalam air, jangan banyak banyak. Aduk aduk hingga rata (sambil dibayangkan yang diaduk itu adonan kue).

Ketiga, masukkan kertas yang sudah disiapkan ke dalam air yang sudah dicampur dengan cat tadi. Maka di kertas sobat akan membekas adukan cat di dalam air tadi yang menakjubkan. Itulah seni abstrak !!!

Keempat, tinggal kertasnya dijemur, kalo mau dipajang juga boleh.

Bagaimana ? Mudah kan. Silahkan dicoba di rumah sendiri-sendiri. Yang penting jangan di bak kamar mandi, ntar emak marah-marah !.

Maaf  kalo gambarnya gak jelas. Maklum, pake HP. 😀

Shares

22 Comments

Leave a Reply