Command di Terminal Linux yang Mungkin Jarang Dipakai

Bingung mau nulis apa, yasudah sekarang mau membahas tentang command di terminal linux yang mungkin jarang digunakan. Apa saja command command tersebut ? Mari simak artikel berikut.
Command di Terminal Linux yang Mungkin Jarang Dipakai :

  • Keluar dari Terminal Linux dengan shortcut Ctrl + D . Hayoo ngaku, pasti di antara kalian lebih sering mengklik tombol close di pojok kanan atas daripada menggunakan jalan pintas Ctrl + D .

  • Menjalankan perintah terakhir yang dijalankan di terminal dengan command ” !! ” . Misalkan sebelumnya kalian mengetik command uname -a , jika ingin mengulangi command tersebut tinggal mengetik ” !! ” , tidak perlu menulis ulang.

Image
  • Berpindah ke Direktori pada command sebelum nya dengan perintah ” cd – ” . Ini berbeda dengan ” cd .. “

  • Mencari PID dari proses yang sedang berjalan menggunakan perintah pgrep. Contoh nya : [email protected] ~ % pgrep httpd . Maka kalian akan menemukan semua PID yang berhubungan dengan Webserver Httpd .

  • Mengubah keterangan waktu pada Berkas File. Misalkan kalian barusaja membuat file dan ingin mengubah keterangan waktu nya , bisa dilakukan dengan command “touch -c -t YYMMDDhhmm namafile” . Contoh : [email protected] ~ % touch -c -t 1502040900 asu.txt

  • Menghapus command yang panjang di terminal dengan Ctrl + U . Misalkan kalian menulis command yang panjang di terminal, dan ternyata ada yang salah atau kalian ingin membatalkan command tersebut, cukup klik Ctrl + U , tidak perlu menekan backspace berulang ulang.
Menarik bukan , belajar linux ?
Skian artikel kali ini semoga bermanfaat.
Shares

Leave a Reply